Kesetimbangan dalam Pengolahan Pangan.

Dalam suatu proses apapun jika tidak ada akumulasi dalam peralatan prosesnya, maka jumlah bahan masuk akan sama dengan bahan keluar. Atau dengan kata lain tidak ada kehilangan apapun atau tidak ada penambahan dari luar walaupun ada perubahan bentuk atau keadaan fisik. Selian itu suatu proses pengolahan tidak ada akumulasi dalam peralatan prosesing, maka jumlah masuk sama dengan jumlah keluar. Suatu pengolahan tidak terakumulasi tersebut dinamakan steady state process dan terjadi akumulasi disebut Unsteady state procesa.
1.proses pengeringan
Bahan biasanya dikeringkan baik alat pengeringan maupun dengan penjemuran. Dalam proses tersebut diharapkan air akan menguap, dari suatu kadar air tertentu hingga kadar air yang diingunkan.
2. Proses pencampuran
Misalnya dalam pembuatan roti untuk mendapa roti yang terbaik kadang-kadang harus mencampur dua jenis tepung yang berprotein tinggi dan berprotein rendah.
3.Dehidrasi
Dalam pengolahan pangan bahan basah diletak dalam satu ruang dan udara kering dialirkan dengan demikian uap air terbawa oleh udara kering.
Kesetimbangan Total.
Kesetimbangan total jumlah semua masukan dan jumlah semua keluaran sama dalam arti total bahanya. Sistem pengolahannya total dari keseluruhan proses. Contoh dalam pengolahan keju, total bahan, susu, bahan penggumpal, keju dan air.
Kesetimbanagan Komponen
Komponen adalah sesuatu yang terkandung dalam bahan. Misalanya air, kadar protein, kadar gula, kadar lemak, dan lain sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool