Istilah dalam Kimia Pangan



  1. Absorspsi proses pemisahana suatu zat dengan cara mengkita zat tersebut pada adsorben cair yang diikuti dengan pelarut
  2. Adsorpsi adalah perstiwa menempelnya molekul, ion atau atom suatu zat pada permuka zat lain sehingga menghasilkan lapisan tipis adsobat (zat yang diserap) pada permukaan adsorben (zat yang menyerap)
  3. Afinitas adalah kecendrungan suatu unsur atau senyawa membentuk ikatan kimia dengan unsur atau senyawa lain.
  4. Antioksidan adalah senyawa yang dapat mencegah proses reaksi oksidasi di dalam bahan pangan.
  5. Birefrigent merupakan sifat refleksikan cahaya terpolarisasi sehingga di bawah mikroskop terlihat hitam-putih, pada saat granula pecah sifat brefigent akan hilang.
  6. Blansing adalah proses pemanasan bahan pangan pada suhu kurang dari 100 oC dengan menggunakan air panas atau uap air panas.
  7. Crud adalah produk hasil koagulasi (penggumpalan) protein dengan menggunkan bahan penggumpal (koagulan)
  8. Denaturasi protein terjadi modifikasi struktur protein (sekunder, tersier dan kuartner) tampa memutuskan ikatan peptida.
  9. Enkapulasi merupakan teknik menyalut bahan inti berupa partikel pada cair atau gas di dalam suatu bahan pelindung yang dapat mengurangi kerusakan bahan bahan inti.
  10. Gaya adhesi adalah gaya tarik menarik antara partikel-partikel yang berbeda.
  11. Gaya kohesiadalah gaya tarik menarik antara partikel-partikel yang sejenis
  12. GMP Good Manufacturing pratices sistem yang memuat persyaratan minimun yang harus dipenuhi oleh industri makanan dan kemasan terkait dengan keamanan pangan, kualitas dan persyratan hukum.
  13. HACCP Hazard Analysis Critical Control Point adalah metode untuk memastikan keamanan pangan melalui identifikasi dan pemantuan dari titik kendali kritis selama produksi dan proses.
  14. Hidrogenesis adalah reaksi hidrogen dengan senyawa organik. Reaksi ini terjadi penambahan hidrogen secara langsung pada ikatan rangkap dari molekul yang tidak jenuh ke molekul yang jenuh sehingga menghasilkan produk yang jenuh.
  15. Hodrokoloid suatu polimer yang larut dalam air mampu membentuk koloid dan mampu mengental larutan atau membentuk gel dari suatu larutan.
  16. Karamelisasi reaksi pencoklatan non enzimatis yang melibatkan gula sederhana pada suhu lebih dari 170oC yang menghasilakn warna coklat dan komponen flavor.
  17. Likopen adalah zat warna merah pada buah tomat yang masak, jambu merah, semangka jeruk bali dan lain-lain. Lipid adalah senyawa yang mengadung asam lemak.
  18. Oksidasi adalah reaksi yang melibatkan komponen berupa lipid, protein, vitamin atau pigmen dengan oksigen.
  19. Polisakarida adalah polimer hasil polimerisasi kondensasi monosakarida dalam jumbla besar yang diikat dengan ikatan glikosida
  20. Renaturasi protein merupakan proses kembalinya protein terdenaturasi ke bentuk aslinya.
  21. Salting out perstiwa adanya zat terlarut tertentu yang menyebabkan yang mempunyai kelarutan lebih besar dibandingkan dengan zat utama, sehingga menyebabkan penurunan kelarutan suatu zat utama atau terbentuk endapan karena ada reaksi kimia.
  22. Salting in keberadaan suatu zat terlarut tertentu yang menyebabkan kelarutan zat utama menjadi lebih besar.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool