Manfaat Gula Selain Sebagai Pemanis

 


Gula adalah salah satu zat karbohidrat yang sederhana yang menjadi sumber energi bagi makluk hidup khususnya manusia. Gula paling banyak diperdagangkan sukrosa dalam bentuk kristal yang disebut gula kristal. Gula digunakan untuk mengubah rasa menjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. Gula sebagai sukrosa diperoleh dari nira, tebu, bit gula, atau aren. Meskipun demikian, terdapat sumber-sumber gula minor lainnya, seperti kelapa.

Fungsi gula pada makanan adalah memberikan rasa manis, digunakan dalam proses fermentasi, sebagai makanan dasar bagi khamir. Membantu dalam pembentukan warna dan sebagai bahan pengawetan. 

Gula dikatakan sebagai pemembentukan warna suatu produk makanan, karena gula dalam proses pengolahan dengan teknik pemanasan terjadi reaksi karamelisasi. Proses karamelisasi tersebut menghasilakn warna coklat pada produk makanan dan juga menghasilkan aroma dan rasa karamel yang disukai oleh konsumen. 

Gula dikatakan sebagai bahan pengawetan karena gula sifat gula higroskopis yaitu sifat yang dapat menyerap air cukup banyak. Ketika kadar air dalam bahan pangan tinggi gula dapat menyerap kadar air dan air terikat dengan gula. Sehingga kadar air pada suatu bahan makanan semakin berkurang, atau dengan kata lain aktivitas air (aW) semakin berkurang dengan demikian bakteri dan khamir tidak melakukan aktivitas pengerusakan bahan makanan pada kadar air yang rendah. 

Gula dikatakan sebagai makanan dasar khamir, karena pada kegiatan tertentu seperti dalam proses fermentasi dibutuhkan khamir atau bakteri yang baik untuk proses tersebut. Contoh fermentasi tape, fermentasi kecap, fermentasi tempe adalah kegiatan yang membutuhkan khamir untuk menghasilkan produk yang disebut di atas. Untuk itu dalam proses fermentasi gula juga dibutuhkan karena sebagai bahan makanan dasar bagi khamir untuk menjalankan kegiatan fermentasi. Dengan kata lain gula sebagai pengumpan atau menstimulum bagi kamir agar dapat melakukan aktivitas fermentasi. Untuk itu gula sangat penting jika digunakan sebagi bahan dasar makanan khamir dalam proses fermentasi menghasilkan tape.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool