Ternyata Zat Kimia Ini Menyebabkan Rasa Pahit Pada Daun Pepaya.

Pepaya adalah salah satu jenis buah kaya nutrisi yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik (memacu enzim pencernaan) yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Papain ialah enzim hidrolase sistein protease yang ada pada daun pepaya (Carica papaya). Rasa pahit pada daun pepaya disebabkan juga oleh senyawa alkaloid yang terkandung di dalamnya.


Alkaloid adalah sebuah golongan senyawa basa bernitrogen yang kebanyakan heterosiklik dan terdapat di tetumbuhan. Alkaloid adalah senyawa dasar yang mengandung satu atau lebih atom nitrogen dan biasanya sistem siklik. Alkaloid mengandung atom karbon, hidrogen, dan nitrogen dan umumnya mengandung oksigen dalam kimia analitik yang disebut sebagai senyawa dengan gugus C, HO, dan N. Alkaloid terutama ditemukan di akar, biji, kayu dan daun tanama. Namun menurut para ahli, alkaloid berguna untuk melindungi tanaman dari semua penyakit dan seperti hama, dan memiliki efek pengatur pada pertumbuhan dan membantu menyeimbangkan ion yang terkandung di berbagai bagian tanaman Berikut adalah beberapa sifat yang terdapat pada alkaloid. 1. Secara umum, ia memiliki bentuk seperti kristal yang halus dan tidak berwarna, karena itu tidak mudah menguap dan tidak mudah larut dalam air, sehingga dapat larut dalam pelarut organik 2. Memiliki karakter asam dan pahit 3. Memiliki efek fisiologis dan juga aktif secara optik. 


Rasa pahit pada daun pepaya dapat dihilangkan dengan cara merebus daun pepaya bersama dengan daun jambu klutuk/jambu biji, dan daun singkong dengan perbandingan 200 gram daun pepaya, 200 gram daun singkong dan 50 gram daun jambu biji. Hal ini dikarenakan kandungan asam organik di dalam daun singkong atau senyawa fenolik (tanin) di dalam daun jambu biji dapat menyerap alkaloid dari daun pepaya yang larut dalam air rebusan.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool