Zat Kimia Pada Kunyit dan Manfaat Bagi Manusia


Kandungan zat-zat kimia yang terdapat dalam rimpang kunyit adalah sebagai berikut :

  • zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
  • Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
  • Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar
  • Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth (Sudarsono et.al, 1996).
  • Kunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Kurkumin (bahasa Inggris: diferuloylmethane adalah senyawa aktif yang ditemukan pada kunyit, berupa polifenol dengan rumus kimia C21H20O6. Kurkumin memiliki dua bentuk tautomer: keton dan enol. Struktur keton lebih dominan dalam bentuk padat, sedangkan struktur enol ditemukan dalam bentuk cairan.

    Curcumin tidak larut dalam air tetapi larut dalam etanol atau dimetilsulfoksida (DMSO). Degradasi Curcumin tergantung pada pH dan berlangsung lebih cepat pada kondisi netral-basa (Aggarwal et al., 2003).

    Menurut Supriadi, kurkumin juga berkhasiat mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung karena dinding empedu dirangsang lebih giat untuk mengeluarkan cairan pemecah lemak. Minyak atsiri pada kunyit dapat bermanfaat untuk mengurangi gerakan usus yang kuat sehingga mampu mengobati diare.

    Tidak hanya menurunkan kadar asam lambung ekstrak kunyit ini dapat juga mencegah kenaikan asam lambung karena kunyit mempunyai efek anti reseptor H2 yang digunakan untuk mencegah ulkus lambung akibat pelepasan histamin.


    Banyak penelitian pra-klinis telah menunjukkan bahwa kurkumin mampu bekerja pada fase inflamasi, proliferasi dan remodeling dari proses penyembuhan luka sehingga mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka.

    Secara natural, ada 4 tahapan proses penyembuhan luka dimana setiap tahapannya saling tumpang tindih. Tahapan itu adalah hemostatis, inflamasi/peradangan, proliferasi, dan remodeling.

    Tahap hemostasis

    Tahapan ini dimulai segera setelah terjadinya luka, melalui agregasi platelet dan pembentukan bekuan fibrin. Kemudian, tahap inflamasi dapat diidentifikasi dengan adanya neutrofil untuk penghilangan kotoran luka serta makrofag yang melepaskan sitokin pada lokasi luka. Pada tahap proliferatif, fibroblas menembus luka dan mendeposit matriks ekstraselular baru untuk memulai proses re-epitelisasi. Akhirnya, sintesis kolagen dan myofibroblasts memfasilitasi proses remodeling jaringan lebih lanjut. Semua tahapan harus terjadi dalam urutan yang benar dan jangka waktu yang tepat untuk memastikan kesembuhan secara total.

    Tahap Inflamasi

    Menghambat transkripsi aktivitas faktor NF (κ) B, mengurangi produksi sitokin TNF-α dan IL-1 sehingga mampu mengurangi peradangan. Menurunkan radikal bebas ROS (pada dosis rendah dari kurkumin) Meningkatkan pembentukan ROS (pada dosis lebih tinggi dari kurkumin) Meningkatkan atau menurunkan produksi enzim anti-oksidan (tergantung dosis)

    Tahap Proliferasi

    Meningkatkan migrasi fibroblast, pembentukan jaringan granulasi, deposisi kolagen, dan secara umum re-epitelisasi Menjadi apoptosis pada fase awal penyembuhan luka, sehingga menghilangkan sel-sel inflamasi yang tidak diinginkan di tempat luka

    Remodeling

    Meningkatkan kontraksi luka dengan meningkatkan produksi TGF-β dan karena itu mampu meningkatkan proliferasi fibroblast

    Sayangnya, senyawa kurkumin dibatasi oleh sifat bioavailabilitas yang rendah, metabolisme yang cepat, kelarutan rendah dan sensitivitas terhadap cahaya. Untuk meminimalkan efek tersebut dan untuk dapat menggunakan kurkumin secara maksimal, maka dibutuhkan formulasi baru seperti bentuk nanopartikel atau kompleksasi dengan siklodekstrin yang harus dieksplorasi.

    <

    Comments

    Popular posts from this blog

    Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

    Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

    Live Streaming Wolves vs Liverpool