Kandungan Kimia Getah Nangka Dan Cara Menghilangnya



Getah biasanya sering ditemui pada buah nangka, pepaya, manggis dan masih banyak lagi. Apalagi buah nangka, jika getahnya sudah menempel di tangan, pasti akan susah hilang dan meninggalkan noda hitam di tangan. Noda hitam tersebut akibat dari reaksi pencoklatan enzimatis karena ada zat polifenol atau fenol yang dikatalis oleh enzim polifenolase atau fenolase. Tangan pun juga akan terasa sangat lengket bila terkena getah.

Ketika tangan sudah terlanjut terkena getah, hal utama yang harus dilakukan yaitu dengan menggosokkan tangan dengan minyak hingga terangkat, lalu bersihkan tangan menggunakan tisu atau kain, lalu ketika sudah bersih dari getah, cucilah tangan menggunakan sabun agar menghilangkan sisa minyak yang menempel.

Pasti semua kita akan bertanya dan ingin mencari jawaban, mengapa minyak bisa menghilangkan getah? Apa zat kimia yang ada pada minyak dan getah? Dan bagimana proses reaksi kimianya? Untuk itu mari kita bahas satu per satu dari beberapa pertanyaan diatas. Disini saya hanya menulis zat kimia getah pada nangka.

Kandungan Kimia Getah Nangka. Getah pada tanaman nangka dapat ditemukan pada seluruh bagian dari tanaman ini. Penelitian yang dilakukan oleh Madhavi (2013) menunjukkan bahwa ekstrak getah nangka memiliki kandungan fenol, flavonoid, tanin, protein, karbohidrat, glikosida, dan alkaloid dalam jumlah yang berarti. Jumlah total dari kandungan flavonoid berkisar antara 7.76±0.15to7.63±0.45µg/gm, yang setara dengan kandungan quercetin dalam mg. Jumlah total dari kandungan tanin setara dengan kandungan asam tanat dalam mg, yaitu 2.13±0.15 to1.76±0.05 µg /gm. Jumlah total dari alkaloid setara dengan kandungan boldine dalam mg, 8.56±0.30to 7.26±0.25 mg/gm.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Stefanus (2015) dan Siswanto (2015) menunjukkan efektivitas gel getah termasuk ke dalam salah satu famili dan genus yang menghasilkan berbagai jenis senyawa flavonoid, tanin, dan alkaloid.

Menurut para ahli kimia beberapa zat kimia yang terkandung dalam getah nangka yang lengket pada kulit dapat dihilangkan karena kandungan kimianya dapat terlarut dalam minyak dan terajadi reaksi kimia antara asam lemak dan tanin, antara asam lemak dan alkaloid. Dimana dalam reaksi tersebut terjadi pengikatan antar molekul sehingga dapat mengurangi kadar tanin dan alkaloid dalam getah nangka. Rekasi tersebut dapat menurunkan daya lengket getah nangka pada kulit sehingga dengan mudah dibersihkan dari kulit. Selain itu pada saat diteteskan minyak pada kulit, permukaan kulit menjadi licin sehingga getah tidak mudah lengket pada kulit.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool