Proses pembuatan saus pisang.












Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pisang merupakan salah satu komoditi hasil pertanian dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dan sebagian besar terdiri atas pati. Pisang tua mengandung 70-80% pati resisten berdasarkan berat kering.

Pati resistan merupakan jenis pati yang tidak tercerna (resistan) dalam saluran sistem pencernaan manusia. Pati resistan memiliki sifat fisiologis yang unik sehingga sering direkomendasikan penggunaannya dibandingkan dengan serat yang lainnya. Pati resistan dapat digunakan untuk meningkatkan serat pangan dengan sedikit perubahan dari penampakan dan sifat organoleptik pangan.Pisang bisa dimanfaatkan menjadi saos yang bisa bertahan lama.

Adapun proses pembuatan dan alat dan bahan yang biasa digunakan adalah. Bahan yang digunakan adalah pisang kepok yang memiliki tingkat optimal yang baik. Gula pasir, bawang merah, bawang putih, merica, asam cuka, asam sitrat, garam dapur, zat pewarna. Peralatan yang digunakan adalah timbang, pisau stainless, telenan, alat penggiling, panci email, sendok, kompor, botol.

Cara membuat

Bahan-bahan

  1. 70 gram cabe merah
  2. 100 gram pisang (saya pakai pisang uli)
  3. 20 gram bawang putih
  4. 45 gram gula pasir
  5. 15 gram garam
  6. 10 gram cuka
  7. 200 ml air
Langkah
  1. kukus cabe merah dan bawang putih selama 10 menit, lalu campur dengan air dan blender sebentar lalu masukkan pisang. teruskan blender sampai pisang dan cabe jadi halus.
  2. Tuang ke panci lalu masukkan garam,cuka dan gula.
  3. Masak dengan api kecil sampai mengental.
  4. Setelah mengental angkat.
  5. Setelah saus sambal dingin,masukkan dalam wadah. Agar saus tahan lama bisa disimpan di dalam kulkas.
  6. Saus manis dan asam dari tomat seakan memberi keseimbangan dari rasa gurih makanan-makanan yang dicampurkan. Nah, untuk saus tomat rasa pisang rasanya diperkaya dengan cuka dan juga gula.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool