Pengaruh Komposisi Zat Kimia Menentukan Madu Asli

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Kadar gula yang terkandung pada madu mencapai 95-99% terdiri dari frkutosa (38,2%), glukosa (31,3%) dan jenis gula lain seperti maltosa,sukrosa,isomaltosa, dan oligosakarida.

Selain gula madu juga mengandung asam amino, resin, protein, garam, dan mineral. Madu hampir tidak rusak walaupun disimpan dalam waktu yang lama. Karena rendahnya aktivitas air yang terdapat pada madu sehingga mikroorganisme tidak bisa berkembang di dalam madu

Lebah memiliki zat khusus yang dapat memecah gula, yaitu cairan saliva lebah yang mengandung enzim invertase yang dapat menghidrolisis sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Nektar yang dihasilkan kemudian diubah oleh lebah menjadi gula invert yang terjadi ketika ada kontak antara nektar dan cairan saliva lebah pada saat lebah menghisap nektar. Kemudian lebah mengurangi kandungan air pada madu dan mematangkan madu di sarang lebah.

Reaksi yang terjadi adalah: 
 C12H22O11 + H2O → C6H12O6 + C6H12O6

Madu bersifat lengket dan warnanya coklat tua. Namun tergantung pada sumber tumbuhannya. Jika pada suhu rendah, madu akan menjadi keras dan rapuh. Manfaat madu sebagai obat herbal yang salah satunya yaitu sebagai antinyeri.

Cara Membedakan Madu Asli Palsu.

Dilansir dari Kompas.com inilah cara mudah dan sederhana untuk mengetahui keaslian madu:

  • Dipanaskan dengan Lilin
Tuang madu ke sendok, lalu panaskan sendok tersebut di atas lilin yang menyala.Madu asli yang dipanaskan akan berubah warna dan berbuih, namun akan kembali ke tekstur semula saat kembali dingin. Ketika ditarik dengan lidi, madu asli tidak akan membentuk benang yang keras. Sebaliknya, madu palsu akan membentuk benang keras jika ditarik.
  • Meneteskan Madu pada Koran
Cara membedakan madu asli dan palsu ini sangat mudah karena Anda cukup menuang madu di atas koran. Bila madu tidak merembes lebar dan menembus koran, maka itu adalah madu asli. Sebaliknya, bila madu dapat menembus koran, bahkan menetes ke lantai, maka bisa dikatakan itu adalah madu palsu.
  • Menuangkan Madu ke Air Hangat
Masukkan madu ke dalam air hangat dan biarkan sebentar. Jika madu tidak langsung larut dan air tetap jernih sebelum diaduk, maka madu tersebut kemungkinan asli. Sebaliknya, bila air keruh sebelum diaduk, bisa jadi madu itu adalah madu palsu.
  • Simpan Dalam Freezer
Selain itu untuk membuktikan madu asli atau tidak asli adalah dengan cara menyimpan madu pada freezer atau kulkas. Jika madu tidak mengalami pembekuan dalam suhu tersebut makan dapat dibuktikan bahwa madu tersebut adalah madu asli. Karena madu asli memiliki kandungan air dalam madu hampir tidak ada sehingga tidak terjadi pembekuan. Sebaliknya jika madu disimpan dalam freezer atau kulkas mengalami pembeukan maka dapat disimpulkan bahwa madu tersebut tidak asli atau sudah dicampur dengan bahHian kimia yang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool