Proses Pembuatan Perekat (Lem) Neoprena


Perekat telah dipergunakan dalam segalah bidang teknologi, muali dari pengemasan sampai pesawat ulang-alik. Bahan dasarpembuatan perekat adalah protein nabatin, hewani, kulit serta tulang hewan dan berasal dari bahan kimia sintentik. Pada umumnya perekat moderen memakai bahan sintesis sedangan perekat fleksibel menggunakan bahan dasar alami atau elastomer sintentik.

Kelasifikasi perekat
Thermosetting adalah polimer yang tidak dapat dibentuk ulang setelah dipanaskan, karena bahan thermoset memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi sehingga tidak mudah meleleh. Perekat jenis ini terbuat dari kasein, protein hewan dan nabatin. sedangkan sintetik yaitu epoksi, fenolat, dan poliester.

Thermoplastik adalah jenis perekat yang menjadi lunak jika dipanaskan dan akan mengeras jika didinginkan dan proses ini bisa terjadi berulang-ulang kali. Perekat jenis ini adalah akrilik, poliamida, stririn, butadin, polietana, polikarbonat, polistirin, dan vinil.

Neoprenaadalah karet sintetik yang dimiliki daya rekat panas stabil pada suhu kamar. Daya rekat neoprena memberi rekatan yang kuat. Bila perekat neoprena menjadi beku karena tidak lama dipakai dapat ditambahkan pelarut yaitu toluen, xylin dan metilin klorida sehingga kembali seperti semula. Neoprena sangat efektif untuk industri kayu, logam dan plastik. Namun tidak cocok untuk pvc karena pvc mengandung pemelastik migrasi sehingga daya rekat menjadi lemah. Jika perekat neoprena ditambahkan atau dicampur dengan isosianat akan tahan terhadap suhu tinggi samapai 130oC.

Neoprena telah digunakan secara luas untuk segalah keperluan seperti penambahan pada semen sebagai pelapis yang tahan api dan minyak. Pengkombinasian antara neoprena dengan gum elastomer poliuretan melalui proses plastisasi spesifik dapat tahan terhadap minyak dan disimpan lama.

Proses pembuatan.
  1. Karet neoprena digiling dengan mesin selama 4 menit, kemudian masukan poliuretan dan giling lagi selama 5 menit, masukan fenol dan giling lagi selama 5 menit.
  2. Masukan arocrol 1268, kalsium karbonat, tuangkan toluol dan M.E.K ke dalam campuran.
  3. Masukan arocrol 5442 dan arocrol 1254.
  4. Aduk terus selama 6 jam hingga benar-benar homogen.
Komposisi Perekat Neoprena
Bahan Jumlah
Neoprena 85
Poliuretan 35
Kalsium Karbonat 11
Fenol 3,5
M.E.K 100
Toluol 100
Arocrol 1268 11
Arocrol 1254 16
Arocrol 5442 45

Neoprena laktes adalah generik dari karet sintetik melalui proses polimerisasi khloroprena untuk menghasilkan asitilen dan hidrogen klorida. Neoprne laktes tahan minyak dan asam ozon. Biasanya dibuat untuk tali kipas mesin.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool