KARBOHIDRAT

Karbohidrat adalah senyawa oraganik yang terdapat di alam dengan junlah yang banyak. Senyawa ini terdiri dari (C) Karbon, (H) Hidrigen dan (O) Oksigen.
1. Sumber karbohidrat
karbohidrat terdapat pada serealia yaitu beras, gandum, jagung, dan sorgum. Terdapat pada umbi-umbian yaitu singkong, ketela, kentang.
2. Penggolongan Karbohidrat
     a. Monosakarida kelompok karbohidrat yang paling sederhana, yang tersusun satu monomer dengan rumus molekul C6-H12-O6. Kelompok monosakarida adalah triosa, tetraosa, pentosa, heksosa,heptosa.
       b. Disakarida
Disakarida merupakan kelompok karbohidrat yang tersusun atas dua monomer karbohidrat. Senyawa disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa.
       c. Oligosakarida
Oligosakarida adalah monomer karbohidrat yang tersusun oleh 3 hingg 9 monosakarida contohnya adalah rafinosa, stakiosa, verbaskosa.
        d. Polisakarida
Polisakarida adalah jenis karbohidrat yang tersusun oleh banyaknya monomer monosakarida pada ikatn glikosida. Contonya adalah amilosa, amilopektin, selulosa, xilan, inulin, kitin, dekstrin, pullulan, glikogen.
3. Reaksi kimia Karbohidrat
      a. Reaksi polinerisasi adalah reaksi penggabungan dua atau lebih monosakarida yang membentuk struktur polimer dengan melepas molekul air
       b. Reaksi Hidrolisis adalah reaksi pemutusan ikatan glikosida sehingga melepas monosakarida dengan membutuhkan air.
       c. Reaksi pencoklatan non enzimatis adalah reaksi antara gula pereduksi dengan gugusan amin dari asam amino. Reaksi ini membentuk warna coklat pada roti.
         d. Reaksi karamelisasi adalah reaksi antara gula dan gula reduksi akibat pemanasan pada suhu yang tinggi membuat warna coklat pada bahan. Contohnya pemansan gula pada wajan.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool