Reaksi kimia bahan pangan

Makanan adalah sumber utama bagi kelangsungan hidup makluk hidup di bumi. Tanpa makanan maka punahlah makluk hidup di dunia. Bagi manusia makanan adalah kebutuhan pokok yang harus di penuhi demi kelangsungan hidupnya. Berbagai jenis makanan yang dikonsumsi manusia demi menjaga keseimbangan Gizi. Bpmagi manusia moderen makanan yang baik adalah makanan yang memiliki persayaratan mutuh dan keamanan. Manusia cendrung memili makanan sesuai dengan empat sehat lima sempurna. Ketergantungan manusia pada pangan tidak bisa dibendungi. Kebutuhan manusia untuk makan dan kesibukan dalam melalukan aktivitas membuat orang konsumsi makanan jadi. Berbagai pengolahan makanan yang dikonsumsi orang, namun tidak mempertimbangkan kesehatan bagi tubuh. Apalagi pengetahuan manusia reaksi kimia dalam pengolahan makanan masih minim. Sehingga pengolahan yang dilakukan tidsk sesuai dengan kandungan kimia bahan pangan. Berakibat makanan yang diolah menjadi beracun atau kehilangan zat gizi. Perlu adanya pengetahuan semua orang mengenai reaksi kimia pada bahan makanan yang diolah sehingg dapat meminimalisir masalah tersebut.
Berikut ini adalah reaksi kimia dalam bahan makanan bila dilakukan pengolahan
1. Resksi karamelisasi
Adalah reaksi anatara gula dalam karbohidrat dan gula reduksi akibat panas. Sehingga bahan makan yang tersebut berubah warna menjadi coklat dan pahit.
2. Reaksi kecoklatan non enzimatis
Adalah reaksi kimia antara gula reduksi pada gugus karbohidrat dan gugus amin pada pritein oleh panas. Reaksi ini menyebabkan makanan menjadi coklat dan gurih. Contoh reaksi ini adalah ikan yang digoreng.
3. Hidrolisis
Adalah reaksi kimia yg disebabkan oleh panas terjadi pemutusan ikatan glikosida pada karbohidrat menyebabkan karbohidrat pecah menjadi monomer sederhana yaitu glukosa dengan melepaskan molekul air.
4. Polimerisasi
Adalah reaksi anatara karbohidrat dengan air yang menyababkan pembentukan polimer glukosa yang kompleks. Pada intinya reaksi ini kebalikan dari reaksi hidrolisis. Berbagai reaksi diatas dapat menyebabkan kehilangan nilai gizi dan juga menjadi beracun.

Comments

Popular posts from this blog

Live Streaming Final UEFA Champions League Manchester City vs Inter Milan

Live Streaming Real Madrid vs AC Milan

Live Streaming Wolves vs Liverpool